Asal Muasal Kata `wkwk` Berasal dari Gamer Online!

Rabu, 07 Juni 2017 13:09 Author : bruno Kategori : Others Views : 3435
 

Kata `wkwk` memang sedang ramai dibahas di Indonesia. Pasalnya `wkwk` ini sendiri memang hanya ada di Indonesia saja. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kata `wkwk` bisa muncul?

Sebagai gamer, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan kata "wkwk" yang mewakilkan untuk tertawa. Hampir sama sebenarnya seperti Laugh out loud yang disingkat LOL dalam bahasa Inggris, atau juga 555+++ dalam bahasa Thailand yang berarti "hahaha+++" (Angka 5 di Thailand dibaca "ha").

 

 

Nah, kata "wkwk" ini sendiri sepertinya di Indonesia juga merupakan singkatan dari tertawa yang dibuat oleh kalangan gamer online. Seperti yang kita ketahui gamer suka sekali menyingkat-nyingkat kata-kata demi bisa tetap berkonsentrasi bermain game sambil mengetik.

Ambil contoh saja kata "gue" yang akhirnya di singkat menjadi "gw". Ini tentu lebih simpel daripada harus mengetik "gue" atau "saya". Perubahan ini juga terjadi pada tertawa di dunia game. Banyak gamer yang mencoba mengekspresikan tertawa mereka di game dengan menggambarkan bagaimana mereka tertawa di saat bermain.

Dari data yang didapatkan di Indogamers, melalui permainan DotA Indogamers, banyak sekali jenis ekspresi tertawa yang diberikan oleh gamer. Beberapa contohnya saja seperti "huahua" atau "huehue". Tertawa seperti ini lebih seru dibandingkan dengan hanya tertawa "haha" biasa. Sama seperti "wkwk", ini ungkapan bahwa gamer tersebut sedang tertawa terbahak-bahak. Bahkan tidak hanya itu saja, ada yang mengungkapkannya dengan "wokwokwok" atau ada yang lebih parah lagi dengan "owakowakokwak".

"wkwk" sendiri adalah yang paling simpel untuk digunakan dalam bermain game. Selain karena hanya menggunakan 2 karakter saja, gamer tentu tidak akan pernah terganggu saat sedang di dalam pertandingan karena dapat mengetiknya dengan cepat. Selain "wkwk" sebenarnya ada juga pilihan gamer yaitu "wakakak". Tapi karena "wkwk"  dianggap yang paling simpel dan paling lucu, maka ini yang paling sering digunakan.

Kebiasaan gamer inilah yang akhirnya terbawa ke dalam kehidupan sehari-hari dan penyebarannya pun mulai tersebar melalui SMS, aplikasi chatting, hingga sosial media. Dari sinilah kata "wkwk" pun akhirnya menjadi besar dan mewakilkan tertawa seperti LOL pada Laugh out Loud. (bms)

Hot News